Materi, Tugas, Artikel, Kuliah dan Umum

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 13 Juni 2016

Profil Perusahaan PKU Muhammadiyah



Profil Perusahaan PKU Muhammadiyah

Sejarah Singkat

RS PKU Muhammadiyah awalnya didirikan berupa klinik sederhana pada tanggal 15 Februari 1923 di kampung Jagang Notoprajan Yogyakarta. Awalnya bernama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) dengan maksud menyediakan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa’. Didirikan atas inisiatif H.M. Sudjak yang didukung sepenuhnya oleh K.H. Ahmad Dahlan. Seiring dengan perkembangan jaman, pada sekitar era tahun 1980-an nama PKO berubah menjadi PKU (Pembina Kesejahteraan Umat)

Pada tahun 1928 perkembangan klinik semakin bertambah besar dan berkembang menjadi poliklinik PKO Muhammadiyah. Lokasi juga harus lebih luas dan perlu dipindahkan ke tempat yang lebih memadai dengan menyewa sebuah bangunan di Jalan Ngabean No.12 B Yogyakarta (sekarang Jalan K.H. Ahmad Dahlan)

Delapan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1936 poliklinik PKO Muhammadiyah pindah lokasi lagi ke Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 20 Yogyakarta hingga saat ini. Dan Pada tahun 1970-an status klinik dan poliklinik berubah menjadi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta hingga saat ini.

Visi dan Misi

V I S I

Menjadi rumah sakit Islam yang berdasar pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, dan sebagai rujukan terpercaya di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan kualitas pelayanan kesehatan yang Islami, profesional, cepat, nyaman dan bermutu, setara dengan kualitas pelayanan rumah sakit - rumah sakit terkemuka di Indonesia dan Asia

M I S I

1. Mewujudkan derajad kesehatan yang optimal bagi semua lapisan masyarakat melalui pendekatan pemeliharaan, pencegahan, pengobatan, pemulihan kesehatan secara menyeluruh sesuai dengan peraturan/ketentuan perundang-undangan.
2. Mewujudkan peningkatan mutu bagi tenaga kesehatan melalui sarana pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan secara profesional dan sesuai tuntunan ajaran Islam
3. Mewujudkan da’wah Islam, amar ma’ruf nahi munkar di bidang kesehatan dengan senantiasa menjaga tali silaturrahim, sebagai bagian dari da’wah Muhammadiyah.

Manajemen RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Direktur Utama : H. Joko Murdiyanto, Sp.An
Direktur Bid. Al Islam & Kemuhammadiyahan : H.M. Isnawan, SE
Direktur Bid. Kepegawaian & Keuangan : drg Hj Pipiet Setyaningsih Sp Irth MPH
Direktur Operasional RS PKU Yogya Unit II : dr H Ahmad Faesol Sp Rad MKes.
Direktur Bid. Pelayanan Medik : dr H Muhammad Komarudin Sp A
Direktur Bid. Penunjang Medik : dr H Adnan Abdullah Sp THT KLM
Direktur Bid. Pendidikan dan Penelitian : dr Ekorini Listyowati Cholid Santoso MMR.

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dikelola berdasarkan manajemen entrepreneural yang bertumpu pada nilai-nilai yang bersumber dari Al Qur’an yaitu :

1. Amanah
2. Sidiq
3. Fathonah
4. Tabligh
5. Inovatif
6. Silaturrahim


Akreditasi

Akreditasi Penuh Tingkat Lengkap untuk 16 pelayanan yaitu :

1. Administrasi dan Manajemen

2. Pelayanan Medis

3. Pelayanan Gawat Darurat

4. Pelayanan Keperawatan

5. Rekam Medis

6. Farmasi

7. K.3

8. Radiologi

9. Laboratorium

10. Kamar Operasi

11. Pengendalian Infeksi Rumah Sakit

12. Perinatal Resiko Tinggi

13. Pelayanan Rehabilitasi Medik

14. Pelayanan Gizi

15. Pelayanan Intensif

16. Pelayanan Darah

Fasilitas Umum

Keberadaan fasilitas umum ini sangat membantu bagi pasien, keluarga pasien dan karyawan selama berada di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun ketersediaan fasilitas pelayanan umum yang ada di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, antara lain :

· Parkir
Area parkir Rumah Sakit berlokasi di depan Gedung Utama dan di sekitar RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

· Keamanan 24 Jam
Staff keamanan kami siap menjaga Anda dan keluarga Anda selama 24 jam.

· Bank
Bank BNI siap melayani Anda melakukan transaksi finansial. Bank BNI berlokasi di depan instalasi rawat jalan/ poliklinik RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

· ATM

o ATM bank Mandiri.
Terletak di depan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

o ATM bank BNI 46
Terletak di pintu masuk Rumah Sakit.

· Masjid Asy-Syifa'
Masjid Asy-Syifa' berada di lantai 2 RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

· Swalayan
Swalayan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, berlokasi di lantai 2 Gedung Penetapan Biaya, buka 24 jam.

· Siaran Televisi
Berada di semua outlet ruang tunggu di sediakan pesawat televisi.


Fasilitas Penunjang Layanan

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memberikan berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan. Fasilitas ini disediakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang lengkap dengan kualitas yang terbaik bagi pasien kami.

Ambulans

RS PKU Muhammadiyah menyediakan unit ambulans untuk kebutuhan pasien rujukan, evakuasi kasus gawat darurat, dan menjemput/ mengantar pasien ke dalam atau luar kota.

Khusnul Khotimah

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dalam rangka tugas dakwah dan ibadah, menyebarkan dan mengamalkan tuntunan Rasululloh dan membantu mengurangi beban masyarakat yang sebagian karena keterbatasan kemampuan, tempat dan sebagainya, mendirikan pelayanan rukti jenazah yang dilakukan sesuai tuntunan Rasululloh menurut faham Muhammadiyah dengan nama “Khusnul Khotimah”.

Pelayanan Medis

Pelayanan Rawat Jalan/ Poliklinik
Pelayanan Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berlokasi di Poliklinik dilakukan waktu pagi dan sore hari. Dengan pola pelayanan yang ditata dengan baik dan dilaksanakan oleh tenaga spesialis dan sub spesialis yang berpengalaman.

Pelayanan Rawat Inap
Pelayanan Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memiliki 205 tempat tidur dengan kelas yang bervariasi dan ditata secara baik sesuai kebutuhan perawatan, mulai kelas VIP sampai kelas III.

Pelayanan Rawat Intensif
Pelayanan perawatan intensif RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta disediakan dan diberikan kepada pasien yang dalam keadaan sakit berat, dikoordinir oleh dokter anastesi khusus intensif care. Pelayanan perawatan intensif ini merupakan Intensif Care Unit (ICU) dan Intermediate Care (IMC) yang mampu memberikan pelayanan tertinggi dan tunjangan hidup dalam jangka panjang.

Pelayanan Bedah
Pelayanan Bedah sebagai sarana layanan terpadu untuk tindakan operatif terencana maupun darurat dan diagnostik. Instalasi Bedah merupakan ruang operasi yang dilengkapi dengan peralatan canggih yang terdiri dari 4 kamar operasi, ruang persiapan dan ruang pulih sadar.

Pelayanan Bersalin
Pelayanan Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, menata perawatan kebidanan dan ibu bersalin, dengan memberikan pelayanan yang khusus kepada wanita dan ibu bersalin, kenyamanan dan ketentraman keluarga senantiasa terjaga.

Layanan Penunjang
Instalasi Laboratorium
Instalasi laboratorium RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pelayanan 24 jam yang dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu dan pelayanan yang professional.

Instalasi Radiologi
Instalasi Radiologi memberikan pelayanan 24 jam pemeriksaan foto rontgen dengan fasilitas antara lain: radiologi konvensional, CT Scan, USG (Ultra Sono Grafi).

Instalasi Rehabilitasi Medik
Instalasi rehabilitasi medik melayani fisioterapi, terapi wicara, rehabilitasi penyakit saraf pasca stroke, rehabilitasi kelainan pada sendi dan tulang, rehabilitasi medik.

Instalasi Farmasi
Instalasi Farmasi memberikan pelayanan 24 jam. Farmasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pengelolaan obat dari pengadaan, penyimpanan, peracikan dan penyediaan obat yang memenuhi standar.

Instalasi Gizi
Instalasi gizi melayani terapi gizi pasien rawat inap dan rawat jalan. Instalasi gizi juga melayani keluarga pasien dan masyarakat umum yang memesan makanan diet.

Pelayanan Diagnostik Lain
Pelayanan diagnostik lain meliputi: EEG (Electro Encephalography), Elektro Kardiografi (EKG), Treadmill Test, Spirometri.

CSSD
Unit Sterilisasi Sentral, melayani kebutuhan alat instrument/bahan steril yang digunakan untuk berbagai tindakan medis, penunjang medis, asuhan keperawatan dan lain-lain. Pelayanan Unit Sterilisasi Sentral RS PKU Muhammadiyah meliputi kepentingan internal RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, berupa memenuhi alat instrument steril/ bahan steril di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Laundry
Fasilitas laundry melayani pencucian linen kotor Rumah Sakit, melayani pencucian Uniform (pakaian kerja) kamar bedah, distribusi linen baru, perbaikan linen rusak rumah sakit, penyeleksian linen tidak layak pakai.

Pelayanan Pemeliharaan Kesehatan
Medical Check Up
Kualitas hidup seseorang sangat bergantung pada kesehatannya yang sering dihubungkan dengan gaya hidup modern, dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi kesehatan, deteksi dini berbagai penyakit dgeneratif dapat dilakukan melaui pemeriksaan Medical Check Up.

Untuk itu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pelayanan berupa layanan kesehatan secara prenventif, kuratif dan rehabilitatif melalui berbagai paket MCU.

Klub dan Senam Kesehatan

Olahraga bagi pasien maupun orang sehat, diperlukan karena sangat membantu dalam proses penyembuhan suatu penyakit, dengan tujuan mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh agar lebih baik. Oleh karena itu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah memfasilitaskan dengan dibentuk dan diselenggarakan kegiatan berbagai klub kesehatan dan senam.

Tenaga Medis : Dokter 38, Perawat 242, Paramedis selain perawat 71
Tenaga bukan medis : 213

Profil PKU Muhammadiyah di atas berdasarkan data tahun 2014/2015.


0 komentar:

Posting Komentar