Materi, Tugas, Artikel, Kuliah dan Umum

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Jumat, 20 Mei 2016

Analisis Industri dan Pesaing Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan industri


Analisis Industri dan Pesaing; Faktor-faktor yang mempengaruhi Lingkungan Industri

Sebagai Pengingat;
Industri adalah bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik.

Analisis Industri: mencerminkan potensi ataupun kekurangan yang mungkin ada dalam usaha pencapaian laba.Analisis pesaing: memfokuskan pada setiap perusahaan yang menjadi pesaing langsung perusahaan Tujuan analisis industri dan pesaing: menentukan posisi perusahaan/SBU dalam suatu industri (dalamstruktur pasar yang ada) agar perusahaan/SBU dapat dengan baik mempertahankan diri dari lima kekuatan yang saling berinteraksi yang mempengaruhi kekuatan tersebut untuk keuntungan perusahaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Lingkungan Industri 

 




A. Ancaman Pendatang Baru


Halangan untuk masuk dalam suatu industri (barrier to entry)
  1. Skala Ekonomi
  2. Diferensiasi Produk
  3. Persyaratan Modal
  4. Biaya Peralihan
  5. Akses Ke saluran distribusi
  6. Kebijakan Pemerintah
  7. Keunggulan Biaya yang tidak tergantung dari skala ekonomi
  8. Tanggapan para pesaing
Menurut Kotler (2002:328), diferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. Selanjutnya Kotler (2002:329) menyebutkan bahwa perusahaan dapat mendiferensiasikan tawaran pasarnya menurut 5 dimensi, yaitu: produk, pelayanan, personalia, saluran pemasaran atau citra.

B. Ancaman Barang Pengganti

  1. harga barang subtitusi lebih murah
  2. dihasilkan oleh industri berskala besar dan memiliki image yang baik

C. Kekuatan Posisi Pemasok


  1. Lebih terkonsentrasi
  2. Tidak ada pemasok pengganti
  3. Produk pemasok penting bagi pembeli
  4. Memiliki kekuatan apabila melakukan strategi foreward integration

4. Kekuatan Posisi Pembeli


  1. Bagian terbesar dari penjualan perusahaan
  2. Produk tidak memiliki perbedaan dengan pesaing
  3. Memiliki informasi yang lengkap
  4. Switching Cost rendah
Switching cost adalah biaya yang dikeluarkan oleh konsumen karena berpindah ke penyedia layanan yang lain yang tidak akan dialami jika konsumen tetap setia dengan penyedia layanan saat ini (Lee, Lee, dan Feick, 2001).

5. Persaingan dari perusahaan sejenis


  1. Jumlah pesaing
  2. Tingkat pertumbuhan industri
  3. Ukuran dan kekuatan pesaing
  4. Kurangnya pembedaan
Terimakasih, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Mohon maaf ini dasar teorinya dari siapa ya ? david besanko bukan ?

    BalasHapus
  2. terimaksih informasi dan ilmu yang bermnfaat ini 
    salam hormat dari saya
    IRMA

    BalasHapus