Materi, Tugas, Artikel, Kuliah dan Umum

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Kamis, 19 Mei 2016

Materi Kuliah Perencanaan Strategi dan Manajemen Strategi


Perencanaan Strategi dan Manajemen Strategi

1. Perencanaan Strategi

Proses Manajerial untuk mengembangkan dan menjaga agar sasaran, keahlian dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah.

Tujuan

Membentuk dan menyempurnakan bisnis serta produk perusahaan agar memenuhi sasaran keuntungan dan pertumbuhan.

Gagasan Utama

1. Perusahaan dikelola seperti pusat pertanggungjawaban investasi
2. Potensi keuntungan masa depan harus dihitung secara cermat
3. Perusahaan harus menetapkan rencana kerja untuk mencapai sasaran jangka panjang bagi setiap bisnisnya.

2. Manajemen Strategi.

Usaha managerial untuk mengembangkan kekuatan, memanfaatkan peluang, meminimalkan kelemahan dan ancaman guna mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan visi dan misi yg ditetapkan.
Suatu seni dan ilmu dari pembuatan (formulasi), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi dalam organisasi.

Perkembangan Manajemen Strategi



Manfaat Manajemen Strategi

1. Memberikan arahan jangka panjang yang akan dituju
2. membantu adaptasi terhadap perubahan
3. organisasi menjadi lebih efektif
4. mengidentifikasi keunggulan dan resiko
5. mencegah munculnya masalah di masa yang akan datang

Resiko Manajemen Strategi

1. Pembentukannya memerlukan waktu dan dana yang cukup besar
2. kemungkinan timbul ketidakpedulian dari pihak yang tidak dilibatkan
3. memerlukan pelatihan agar pihak-pihak dapat mengantisipasi masalah yang akan muncul


Tugas Manajemen Strategik



Berikut Penjabaran Tugas Manajemen Strategi

Tugas 1: Mengembangkan Visi dan Misi Bisnis

Visi : mengindikasikan maksud perusahaan pada arahan jangka panjang dan maksud bisnis didirikan
Misi : pernyataan ttg keunikan perusahaan (what is our business) yg membedakan dgn perusahaan lain yg sejenis
Komponen Misi:
1. Spesifikasi kebutuhan konsumen yg akan dipuaskan perusahaan
2. spesifikasi segmen dan target pasar yang hendak dituju
3. spesifikasi supported activity yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen
4. komitmen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba
5. falsafah perusahaan
6. konsep jati diri
7. citra perusahaan
8. komitmen terhadap karyawan
9. tanggungjawab sosial

Tugas 2: Menetapkan Tujuan

Tujuan : Usaha manajerial untuk memperkuat bisnis dan posisi perusahaan
Tujuan Jangka Pendek: Sasaran usaha yg diupayakan oleh perusahaan untuk dicapai dalam kurun waktu 1 – 2 tahun
Tujuan Jangka Panjang : Sasaran usaha yang diupayakan oleh perusahaan untuk dicapai dalam kurun waktu 3 – 5 tahun


Market Standing : posisi perusahaan secara relatif dibanding dengan pesaing
Innovation : Perubahan yg dilakukan untuk memperbaiki metode bisnis perusahaan
Productivity : tingkat produksi barang / jasa yang dihasikan dibandingkan dengan sumber daya yang digunakan dlm proses produksi
Resources Level : jumlah relatif dari berbagai sumber daya yang disimpan oleh perusahaan, ex : inventory, kas
Profitability : kemampuan suatu perusahaan untuk mengumpulkan pendapatan yang melampaui biaya untuk menghasilkan penerimaan
Manager permormance and attitude : kualitas kinerja manajerial dan tingkat perkembangan manajer secara perorangan
Worker permormance and attitude : kualitas kinerja karyawan dan tingkat perkembangan karyawan secara perorangan
Social Resposibility : kewajiban perusahaan untuk membantu memperbaiki kesejahteraan masyarakat.




Tugas 3: Menetapkan strategi untuk mencapai tujuan

Formulasi Strategi merupakan proses merancang dan menyeleksi berbagai strategi yang pada akhirnya menuntun pada pencapaian tujuan organisasi
Tanggung jawab formulasi strategi ada pada masing-masing tingkatan manajemen.
Corporate Strategy: menetukan dimana perusahaan akan bersaing dan pengembangan dalam rencana jangka panjang.
Strategi : investasi dalam diversifikasi, penciutan dan akuisisi, integrasi
Business Strategy: pembuatan keputusan strategic yang melibatkan posisi bersaing dari sebuah produk atau pangsa pasar tertentu pada sebuah divisi.
Strategi: Generic, Growth, Competitive Advantage
Fungsional Strategy: pembuatan keputusan yang berhubungan dengan divisi-divisi pendukung dalam rangka memproduksi, mengelola dan memasarkan produk sampai ke pelanggan
Strategi: Pemasaran (marketing mix), Keuangan (efisiensi).

Tugas 4: Implementasi Strategi

Mengembangkan secara logis strategi yang telah diformulasikan dalam bentuk tindakan
Tujuan: menciptakan kegiatan pengorganisasian, penganggaran, pembuatan kebijakan, memotivasi, pembentukan budaya organisasi dan mengarahkan kegiatan tersebut untuk mencapai tujuan


Tugas 5 : Evaluasi Kinerja

Pemantauan dan peninjauan kembali proses manajemen strategi guna memperbaiki dan memastikan bahwa system bekerja semestinya.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.


REFERENSI

Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik, Binarupa Aksara, 1996
Arthur A. Thompson, Strategic Management, 9 eddition, Irwin, 1996
 

0 komentar:

Posting Komentar